Ruam Popok Bayi Tidak Kunjung Sembuh

Ketika melihat bagian pantat atau selangkangan bayi terdapat kemerahan akibat penggunaan popok, pasti setiap orangtua akan cemas dan langsung mencari cara mengatasi iritasi pada popok bayi. Kemerahan memang menjadi salah satu tanda bayi mengalami ruam popok.

Ikatan Dokter Anak Indonesia mengungkapkan bahwa ruam popok bisa terjadi karena iritasi akibat kontak antara kulit dengan bahan dari popok atau urin yang jarang orangtua bersihkan.

Walaupun bukan keadaan yang sangat berbahaya, ruam popok dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan rewel sepanjang hari. Berikut ini beberapa alasan mengapa ruam popok tidak lekas sembuh.

Alergi

Mungkin saja, ruam popok yang sering muncul terjadi karena bayi mempunyai alergi terhadap sesuatu. Misalnya, alergi terhadap penggunaan sabun, parfum, tisu basah, pengawet, atau salep ruam yang tidak cocok untuk kulit si Kecil.

Orangtua dapat menghentikan pemakaian produk dan menggantinya dengan merek atau jenis yang lain. Contoh, bayi alergi dengan penggunaan tisu basah dengan kandungan parfum, maka cobalah untuk mengganti tisu dengan produk tanpa ada parfum.

Popok yang Terlalu Ketat

Pemakaian popok yang terlalu ketat bisa membuat area genital pada bayi semakin lembab sehinggu memicu ruam popok. Apalagi jika orangtua tidak secara berkala mengganti popok si Kecil.

Oleh sebab itu, apabila karet pada popok bayi meninggalkan bekas merah di kulitnya, maka coba naikkan atau longgarkan popok tersebut untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit.

Basah, lembab, dan urin atau feses yang asam dapat mengakibatkan ruam popok. Apalagi jika bayi sedang mengalami diare karena popok akan selalu basah akibat sering BAB. Hal tersebut memicu anak tidak nyaman dan rewel ketika ruam popok.

Maka dari itu, ganti popok secara rutin agar iritasi tidak semakin parah. Gunakan popok secara longgar agar bayi tidak merasa perih. Supaya lebih nyaman, pakaikan popok Merries Good Skin pada bayi.

Popok dengan model celana ini mempunyai karet juga lembut dan elastis sehingga tidak meninggalkan bekas di kulit bayi. Permukaannya yang lembut dengan tiga lapisan bersirkulasi udara baik membuat kulit bayi  bebas dari iritasi dan lembab.

Mari mengatasi iritasi pada popok bayi dengan lebih cermat dalam menjaga kebersihan dan kelembaban area genital bayi. Untuk informasi lebih detail, silahkan kunjungi merries.co.id. Semoga membantu.